Asus Zenpad Z170CG - 1GB - 8GB - 7 Inch

Asus Zenpad Z170CG - 1GB - 8GB - 7 Inch
Rp 1.249.000

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB

SONY PLAYSTATION 4 (PS4) 500GB
Rp 4.675.000 - 5.500.000
Yoins.com INT

Sabtu, 25 Oktober 2014

macam-macam/jenis-jenis penyakit menular




20 Penyakit Menular dan Cara Pencegahannya


20 Penyakit Menular
20 Penyakit Menular
Ada 20 penyakit menular yang sering kita jumpai sehari-hari, yang tak lepas dari kemudahan untuk pencegahannya. Yuk kita simak ulasannya!

20 Penyakit Menular dan Cara Pencegahannya

1. Demam Berdarah
Penyakit yang menular melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Cara mencegahnya adalah melakukan 3 M (menutup, menguras, menimbun) untuk mencegah nyamuk berkembang biak dan memasang obat nyamuk atau menggunakan lotion anti nyamuk.
2. Influenza
Penyakit yang cepat sekali menular melalui udara ketika penderita bersin atau melalui persentuhan langsung dengan penderita. Pencegahannya adalah mengonsumsi Vitamin C secara rutin untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menggunakan masker.
3. Tuberkolosis (TBC)
Penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan ditularkan melalui saluran pernafasan. Pencegahannya perkuat sistem imun tubuh dan pakai masker bila Anda tinggal di lingkungan dengan tingkat polusi udara tinggi.
4. Diare
Penyakit yang disebabkan oleh virus. Cara mencegahnya adalah selalu cuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan makanan, dan air yang dikonsumsi.
5. Muntaber
Penyakit yang termasuk 20 Penyakit Menular ini dapat menyebabkan kekurangan cairan dengan cepat yang bisa berakibat mematikan. Pencegahannya dengan menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi agar bakteri tidak berkembang biak.
6. Malaria
Penyakit Malaria ditularkan oleh gigitan nyamuk. Gunakan lotion anti nyamuk dan obat nyamuk sebelum tidur serta berantas semua tempat yang menjadi sarang nyamuk.
7. Kolera
Infeksi saluran usus akut yang disebabkan bakteri. Cara mencegahnya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan atau minuman penderita Kolera serta menjauh dari tempat terjadinya wabah Kolera.
8. Tifus
Penyakit yang disebabkan oleh Bakteri Salmonella yang menyerang saluran pencernaan. Pencegahannya adalah memastikan air dan makanan yang dikonsumsi dalam kondisi higienis serta biasakan selalu cuci tangan.
9. Cacar
Penyakit yang disebabkan virus Varicella Zoster ini dapat dicegah melalui pemberian vaksin cacar dan mengkarantina penderita Cacar selama proses penyembuhan.
10. Campak
Penyakit yang ditularkan melalui ludah penderita. Pencegahannya dengan pemberian vaksin Campak dan menghindar dari kontak langsung dengan penderita.
11. Batuk
Penyakit ditularkan melalui udara ketika penderita Batuk. Pencegahannya dengan selalu menggunakan masker dan memperkuat kekebalan tubuh melalui konsumsi Vitamin C.
12. Pneumonia
Penyakit saluran pernafasan yang ditularkan melalui batuk. Cara mencegahnya adalah menghentikan kebiasaan merokok, tinggal di lingkungan yang sehat, dan memperkuat kekebalan tubuh.
13. Cacingan
Gangguan kesehatan karena cacing parasit di dalam tubuh ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan badan, minum obat cacing setiap 6 bulan, dan menghindari makanan mengandung cacing.
14. Penyakit Mata Merah
Penyakit ini membuat mata perih, kemerahan, bengkak, mengeluarkan kotoran terus-menerus. Hindari kontak langsung dengan penderita dan hindari memandang langsung mata penderita. Penderita disarankan beristirahat di rumah agar tidak menulari orang lain.
15. Pes
Penyakit yang ditularkan oleh tikus dan sering terjadi pada masa banjir. Pencegahannya dengan menjaga kebersihan badan dan tempat tinggal serta memperkuat sistem imun tubuh selama masa banjir.
16. Gondok
Pembengkakan Kelenjar Tiroid yang disebabkan virus dan menular melalui kontak langsung dengan penderita. Pencegahannya dengan pemberian vaksin dan rutin mengonsumsi garam dapur yang mengandung Yodium.
17. Penyakit Menular Seksual (PMS)
Hubungan intim berganti-ganti pasangan tanpa pasangan dapat menyebabkan PMS (sifilis, gonorrhea, chlamydia, dll). Pencegahannya adalah setia pada satu pasangan dan gunakan pengaman untuk hubungan intim yang berisiko.
18. Tetanus
Penularan terjadi melalui luka yang terbuka dan cara mencegahnya adalah dengan membersihkan dan merawat luka.
19. Hepatitis
Salah satu dari 20 penyakit menular ini terjadi melalui kontak langsung dengan penderita atau melalui makanan dan minuman yang kurang sempurna cara memasaknya. Pencegahannya adalah hindari kontak langsung, berhati-hati dalam melakukan transfusi darah, dan menjaga higienitas makanan dan lingkungan.
20. HIV/AIDS
Penyakit ini menular melalui cairan tubuh yang mengandung HIV seperti air susu ibu, cairan vagina, air mani, darah. Cara mencegahnya adalah dengan melalui pemakaian jarum suntik bersama-sama, tranfusi darah, dan hubungan intim tanpa pengaman.
Nah, dengan mengetahui 20 Penyakit Menular serta cara penularannya, Anda dapat melindungi diri dan keluarga dari tertularnya penyakit tersebut. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati karena itu terapkan selalu pola hidup sehat.

terakhir ini ada penyakit baru yaitu penyakit ebola

sumber:  http://buletinsehat.com/20-penyakit-menular-dan-cara-pencegahannya
thumbnail
Judul:

macam-macam/jenis-jenis penyakit menular


Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Terimakasih Sudah Singgah di sini ! :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
http://simbolonbermanhot.blogspot.com @Van Bolon - Published by Bamz